Penyebab Masalah Kejiwaan
Manusia mempunyai sifat yang holistik, dalam artian manusia adalah
makhluk fisik, psikologis, sekaligus rohani, dan aspek-aspek ini saling
berkaitan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Sebagai makhluk yang
berfisik, memiliki kelemahan-kelemahan fisik adalah hal yang nyata bahkan
ungkapan yang umum mengatakan bahwa manusia mulai mati sejak ia dilahirkan.
Secara literal, sesudah orang-orang berusia 40-an maka ribuan sel otaknya mulai
mati setiap harinya. Manusia harus terus berjuang untuk melawan berbagai
penyakit fisik yang datang dalam hidupnya. Hal yang tidak tampak dari luar
adalah kenyataan bahwa kondisi fisik manusia secara integral berkaitan dengan
kondisi psikologis dan rohaninya. Manusia adalah satu kesatuan.
Apa yang terjadi dengan kondisi fisik manusia akan mempengaruhi pula
kondisi psikologis dan rohaninya. Penyakit fisik yang dialami seseorang tidak
hanya menyerang manusia secara fisik saja tetapi juga dapat membawa
masalah-masalah bagi kondisi psikologisnya dan rohaninya. Demikian pula
sebaliknya.
Masalah Fisik sebagai
Penyebab Masalah Emosi
Kondisi fisik mempunyai pengaruh langsung terhadap kesehatan emosi
manusia, misalnya penyakit-penyakit tertentu sekaligus penggunaan obat-obatan
tertentu untuk mengobati problema-problema fisik dapat menimbulkan
gejala-gejala atau simptom depresi. Penyakit- penyakit yang dapat menyebabkan
depresi antara lain penyakit- penyakit yang disebabkan oleh virus
(mononukleosis dan pneumonia), gangguan endokrin (hypothyroidisme), kanker, dan
multiple sklerosis. Depresi juga dapat timbul karena dampak-dampak yang
ditimbulkan oleh obat-obatan, termasuk di dalamnya adalah obat penenang mayor
dan minor, pil KB, obat-obatan untuk tekanan darah tinggi, dan alkohol.
Gejala kecemasan yang dirasakan seseorang kadang-kadang juga
berkaitan dengan kondisi fisiknya. Perasaan tegang, gemetar, atau bahkan panik
misalnya dapat disebabkan oleh gangguan endokrin (hyperthyroidisme),
ketidaknormalan hormon (phenochromocitoma), dan berbagai macam obat-obatan yang
mengandung kafein, ganja, LSD, PCP, dan amfetamine.
Psikosis atau kehilangan pijakan atas realita merupakan salah satu
dari berbagai gangguan emosi yang ada yang disebabkan oleh masalah- masalah
fisik seperti porphyria, Wilson's disease, Huntington's chorea, gangguan
endokrin, dan tumor temporal lobe otak. Selain itu ada pula obat-obatan yang
menyebabkan seseorang benar-benar kehilangan kontak dengan realitas.
Obat-obatan tersebut antara lain obat-obat terlarang seperti amphetamin,
kokain, LSD, PCP, dan ganja; resep dokter yang ditujukan untuk mengobati
depresi, Parkinson, atau TBC; alkohol; dan bahkan obat-obatan seperti obat yang
dihirup, bromida yang berisi senyawa kimia adalah untuk meredakan kecemasan,
dan obat tidur.
Kepribadian seseorang bahkan dapat juga berubah karena masalah-
masalah fisik, seperti perubahan pribadi seseorang karena sakit pikun misalnya.
Gangguan Emosi sebagai
Penyebab Gangguan Fisik
Jika problem fisik dapat menyebabkan gangguan emosi, begitu pula
sebaliknya, gangguan emosi dapat menyebabkan gangguan fisik. Stres misalnya
seringkali dianggap sebagai penyebab utama penyakit fisik psiko-fisiologis
(maag/ulcer, colitis, tekanan darah tinggi). Orang yang hidup dalam kehidupan
penuh dengan tekanan atau terikat dengan jadwal yang sangat ketat berpotensi
berpenyakit jantung koroner. Fakta yang benar-benar mengejutkan tentang stres
adalah kenyataan bahwa stres dapat menyebabkan neurotransmiter hilang dari otak
(norepinephrine, serotonin, dopamine) sehingga orang yang bersangkutan mengalami
depresi atau psikosis. Stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan
bagian-bagian tubuh yang mengalami infeksi karena penyakit atau habis
dioperasi. Kesepian misalnya merupakan faktor potensial penyebab penyakit
jantung koroner atau kanker. Suatu penelitian bahkan pernah mengatakan bahwa
pada tahun pertama setelah kematian salah seorang anggota keluarga, angka
kematian akan meningkat tujuh kali lipat lebih banyak.
Gangguan Emosi dan Fisik
dapat Mempengaruhi Kehidupan Rohani
Indikasi lain yang membuktikan bahwa aspek-aspek dalam diri manusia
saling berkaitan dan mempengaruhi adalah kenyataan bahwa gangguan emosi dan
fisik ikut pula mempengaruhi kehidupan rohani seseorang. Seseorang yang
memiliki penyakit epilepsi temporal-lobe misalnya, akan memperlihatkan
kecenderungan untuk mengalami perubahan interes akan agama dan bermoral baik.
Seseorang yang memiliki gejala gangguan psikotik mungkin akan asyik dengan
hal-hal yang berbau keagamaan. Sedangkan orang yang memiliki kecenderungan
obsesive- kompulsif neurosis sering kali merasa ketakutan kalau-kalau dia
melakukan dosa yang tak termaafkan atau seandainya dia tidak mempercayai
Kristus lagi. Pada pasien manic-depresif, ia sering kali berbicara dengan
menggunakan jargon-jargon keagamaan. Sementara itu, orang-orang schizofrenia
atau berkepribadian ganda sering kali dianggap kerasukan setan, padahal tidak.
Hal ini dapat dibuktikan dengan pengobatan anti-psikotik.
Faktor-faktor Genetik
Penyebab Kecenderungan Masalah-masalah
Walaupun kita tidak mewarisi masalah-masalah psikologis, mungkin
kita mewarisi faktor-faktor genetik yang membuat kita memiliki kecenderungan
mengalami masalah-masalah psikologis tertentu. Ada sejumlah penelitian yang
mendukung pendapat yang dikemukakan ini. Misalnya saja, schizophrenia dalam
populasi umum hanya 1% saja. Namun demikian, bila salah satu dari orangtua kita
adalah penderita schizoprenia, maka resiko keturunannya terkena schizophrenia
meningkat menjadi 50%, tetapi kalau yang terkena adalah kedua-duanya maka
resiko juga ikut meningkat menjadi dua kali lipat. Untuk kembar fraternal, bila
salah satunya menderita schizophrenia, maka resiko menderita schizophrenia pada
kembarannya meningkat menjadi 10%. Sebaliknya, bila yang menderita adalah satu
dari dua anak kembar identik, maka resiko kembarannya ikut menderita
schizophrenia lebih besar lagi, yaitu 50%. Resiko ini tetap ada walaupun salah
satu dari saudara kembar tersebut dipisahkan bahkan sejak dari lahir.
Tingkat gangguan jiwa manic-depresif juga memberikan suatu bukti akan
adanya kecenderungan masalah-masalah fisik yang mempengaruhi masalah-masalah
psikologis. Keluarga dekat penderita manic-depresif memiliki potensi dua puluh
kali lipat terkena manic depresif dibandingkan dengan populasi umum. Penelitian
atas anak kembar (termasuk juga kembar yang dipisahkan sejak kecil) semakin
menguatkan bukti akan adanya pengaruh dari faktor genetik terhadap
problem-problem psikologis. Penelitian hubungan genetik yang pernah dilakukan
memberikan suatu bukti yang mengejutkan yaitu bahwa pada jenis tertentu
manic-depresif, kromosom x merupakan kromosom karier.
Lebih dari itu, dari banyak penelitian telah dilakukan tentang
pengaruh genetik terhadap problem psikologis individual membuktikan bahwa ada
suatu hubungan antara kelemahan genetik dengan kasus-kasus depresi yang lain.
Misalnya saja, 30% dari penderita depresi yang diteliti ternyata memiliki
sejarah depresi dalam keluarganya. Bila penderita adalah salah satu dari kembar
fraternal, maka kembarannya memiliki potensi terkena depresi hanya 10%. Namun
jika yang menderita depresi adalah salah satu dari kembar identik, maka resiko
terkena depresi bagi kembarannya meningkat menjadi 76%. Bagi kembar identik
yang dipisahkan sejak kecil, potensi terkena depresi bila salah satu dari
mereka terkena depresi tetap besar, yaitu 67%. Data yang diperoleh dari
penelitian yang pernah dilakukan cukup besar. Meskipun menyimpulkan bahwa
gangguan jiwa disebabkan oleh faktor keturunan adalah keliru, kelemahan genetik
memang dapat membuat seseorang memiliki kecenderungan untuk mengalami gangguan
psikologis tertentu. Stres dapat juga merupakan manifestasi dari kelemahan
genetik tersebut.
Kesimpulannya: manusia memang makhluk fisik tetapi ia lebih dari
sekedar makhluk fisik. Manusia mempunyai sisi psikologis dan rohani dimana
seluruh aspek fisik, psikologis dan rohani saling berkaitan dan mempengaruhi.
Inilah yang menyebabkan manusia memiliki sifat holistik. Penyakit-penyakit yang
menyerang fisik dapat menyebabkan timbulnya gejala-gejala psikologis.
Sebaliknya, stres juga dapat menyebabkan problem fisik. Sedangkan
masalah-masalah rohani dapat berakar dari atau disebabkan oleh gangguan fisik
maupun psikologis.
GEJALA UMUM KEJIWAAN MANUSIA DAN PROSES BERPIKIR MANUSIA DALAM
PEMECAHAN MASALAH
Persoalan roh menjadi sebuah teka-teki bagi manusia; sejak dari masa
sebelum Al-masih, masalah jiwa manusia atau roh ini menjadi bahan pembahasan
pokok dalam dunia filosofi. Dimulai dari masa Socrates, Plato, Aristoteles,
sampai Neo-Platonik, manusia berusaha untuk menerka apa dan bagaimana hakikat
dari roh itu? Apakah itu riil ada atau hanya sebuah kiasan kata yang tidak
mempunyai bentuk makna sama sekali.
Adalah Socrates yang beranggapan bahwa badan manusia adalah alat
dari jiwa manusia yang diibaratkan dengan kapal dan nahkodanya: nahkodanya
adalah jiwa dan kapalnya badan, dan badan tidak lebih dari sekedar alat bahkan
dianggap sebagai penjara bagi jiwa, karena dengan adanya jiwa dalam tubuh itu
membuat jiwa tidak bebas bergerak dan berfikir. Alasan inilah yang menyebabkan
dia tidak menolak atau lari dari hukuman yang dijatuhkan kepadanya untuk minum
racun, dan ia malah menyambutnya dengan senang hati karena ia akan terlepas
dari penjara badan dan akan bebas untuk berfikir.
Plato adalah murid dari Socrates yang memiliki pandangan yang tidak
jauh berbeda dengan Socrates, dia menganggap bahwa dunia ini dan segala yang
ada hanyalah bayangan dari sebuah alam, alam lain, yang terpisah dari alam ini,
yang disebut alam ideal (alam hakiki), dan segala yang ada di alam ini adalah
semu. Dengan demikian badan kita bukanlah badan sebenarnya, menurut dia, karena
masih ada alam lain yang merupakan alam sebenarnya.
Datang setelah Plato, sebuah aliran baru yang bernama aliran
Aristoteles, yang lebih rasionalis dan mengembalikan pikiran manusia dari dunia
khayal atau dunia langit ke bumi, karena dia memandang segala sesuatu atas apa
yang terjadi atau fakta, dia tidak meyakini akan adanya alam ideal, dan ia
menganggapnya ia hanyalah sebuah istilah yang tidak ada dalam realita. maka
diapun beranggapan bahwa jiwa itu mati setelah badannya mati.
Demikian asumsi-asumsi atau pandangan para pendahulu filosof tentang
jiwa manusia. Dan pikiran inilah yang pertama kali menjadi perbincangan para
pendahulu Eropa yang mengambil pemikiran filsafat Yunani dari terjemahan dan
karangan bangsa Muslim Arab, terutama Ibnu Rusydi (Averroes) dan Ibnu Sina
(Avicenna) yang masuk Eropa lewat Andalusia (Spanyol) ketika masa ekspansi
Islam yang dilakukan oleh Daulah Umawiyah yang terkenal dengan masa kejayaan
Islam dengan budaya ilmiyahnya dan melahirkan banyak tokoh berpengaruh dalam
permulaan pengembangan ilmu pengetahuan Eropa yang sebelumnya sempat macet
selama berada dalam masa kegelapan, dan ilmu pengetahuan hanya terbatas pada kaum
gereja.
Terdapatlah sebuah gerakan terkenal dengan nama Averroeism di Eropa,
yang beraliran Aristotelian, disamping yang dibawa oleh St. Thomas Equinas.
Diantara pengikut dan pembela Averroism ini adalah Seagar Baraban; dia
beranggapan bahwa jiwa itu ikut mati dengan matinya jasad, dan dia beranggapan
bahwa balasan perbuatan manusia tidak harus di akhirat, bisa terjadi di dunia;
namun demikian, dia tidak sampai berpendapat sebagaimana John Scout Eurigiena
yang beranggapan bahwa siksa dan pahala itu adalah perasaan yang kita rasakan
di dunia ini: perasaan menyesal dan tersiksa ketika kita melakukan kesalahan,
dan perasaan senang dan bahagia ketika melakukan kebaikan.
Namun, perdebatan tentang asal usul roh dan jiwa ini mengalami masa
surut dan hampir terhapus, tepatnya menjelang memasuki abad 14. dimulai dari
munculnya seorang filosof yang bernama William Okam yang mengkritik pendapat
St. Thomas Aquinas dan kaum Skolastik tentang bukti adanya Tuhan dan yang
sejenisnya, dia tidak mempercayai kecuali apa yang ada dan bisa disaksikan, dia
menganggap bahwa jiwa manusia tidak bisa dibuktikan keberadaannya. Dengan
demikian dia tidak mempercayai adanya jiwa atau roh manusia maupun kekelannya
untuk mendapatkan pembalasan atas apa yang telah dilakukan.
SALAH SATU CONTOH GANGGUAN PSIKOLOGI PADA
REMAJA
PERMASALAHAN
Masalah-Masalah RemajaSesuai dengan karakteristik perubahan yang terjadi
pada masa remaja itu sendiri dihadapkan kepada berbagai masalah yang menyangkut
berbagai aspek perkembangan. masa kini remaja lebih banyak dihadapkan dengan
berbagai tuntutan sebagai konsekuensi dari perkembangan masa sekarang yang
sering disebut sebagai era globalisasi dengan segala aspek dan dampaknya.
Kehidupan remaja tidak dapat lepas dari kondisi kehidupan masa kini. Timbulnya
masalah banyak berhubungan dengan tuntutan tugas perkembangan yang harus
dipenuhi oleh remaja disuatu pihak, dan kurang mampuan remaja di pihak lain.
Dengan demikian, masalah yang sering dihadapi remaja adalah berkenan dengan
pengaruh dan tantangan dari lingkungan. Kegagalan dan penyesuaian diri ini
dapat menimbulkan gejala kelainan tingkah laku para remaja, dan dapat meluas
menjadi kegagalan dalam perkembangan remaja secara keseluruhan.
Masalah-masalah remaja berhubungan pula dengan ruang lingkup
kehidupan para remaja itu sendiri mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Dalam hubungan dengan keluarga, para remaja sering menghadapi masalah yang
timbul karena terjadinya pergeseran peran dalam keluarga yaitu darianak-anak ke
remaja yang menuntut peran yang berbeda. Dalam hubungan ini remaja sering
menghadapi masalah yang berkaitan dengan ; (1) hubungan dengan orang tua, (2)
hubungan dengan saudara, (3) penyesuaian norma dalam keluarga, (4) konflik dengan
tuntutan orang tua.
Dalam hubungan dengan sekolah, masalah yang umumnya dihadapi oleh
remaja antara lain dalam hubungan dengan : (1) cara belajar, (2) penyesuaian
pendidikan, (3) penyesuaian dengan norma sekolah, (4) pemilihan jurusan, (5)
pemilihan teman, (6) hubungan dengan guru dan sebagainya demikian pula dalam
hubungan dengan masyarakat, para remaja sering menghadapi berbagai masalah,
terutama dalam penyesuaian terhadap norma-norma masyarakat.
Dalam hubungan dengan dirinya sendiri, para remaja sering menghadapi masalah-masalah seperti : (1) kesehatan, (2) agama, dan pandangan hidup, (3) penggunaan waktu, (4) pertumbuhan jasmani, (5) perkembangan bagan seksual, (6) keuangan, (7) penyesuaian minat.
Dalam hubungan dengan karir atau pekerjaan masalah yang sering dihadapi oleh remaja adalah hal-hal yang berkenaan dengan : (1) informasi karir, (2) ketrampilan memasuki dunia karir, (3) informasi diri, (4) perencanaan masa depan dan karir, (5) penyesuaian karir.
Dalam menghadapi tantanagn masa kini, para remaja dituntut untuk memiliki kemampuan penyesuaian diri yang meliputi penyesuaian personal, sosial, edukasional, vokasional, spriritual dan moral. Situasi tantangan masa kini yang sering disebut sebagai era globalisasi, era modern, era iptek, dan sebutan lainnya mempunyai kondisi dan tuntutan yang jauh berbeda dengan masa lalu. Dengan kemajuan yang pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaruh budaya asing akan makin kuat dan menantang pola-pola hidup remaja masa kini. Untuk menghadapinya dengan baik, remaja dituntut untuk memiliki kualitas nilai-nilai yang dapat dijadikan filter pengaruh luar.Dalam usaha menghadapi remaja, secara psikologis ada dua hal yang dapat dijadikan sebagai pangkal tolak yaitu : (1) berusaha memahami perasaan dan situasi remaja, dan (2) memahami perasaan diri sendiri. Untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Perlu mengetahui pengalaman remaja dimasa lalu (seperti perkembangannya, penerimaan dirinya, perlakuan masa kecil, kepuasan dirinya, dan sebagainya).
2. Perlu mengetahui dorongan-dorongan yang menyebabkan remaja berbuat sesuatu (misalnya kebutuhan untuk disayangi, ingin meniru, ingin diperhatikan, ingin menyayangi, dan sebagainya).
3. Bersikap jujur kepada remaja dan jangan berpura-pura.
4. Hidup dengan remaja dan bukan hidup untuk remaja.
5. Memberi kesempatan terhadap remaja untuk mengemukakan pendapatnya secara bebas dan penuh pengertian.
Dalam hubungan dengan dirinya sendiri, para remaja sering menghadapi masalah-masalah seperti : (1) kesehatan, (2) agama, dan pandangan hidup, (3) penggunaan waktu, (4) pertumbuhan jasmani, (5) perkembangan bagan seksual, (6) keuangan, (7) penyesuaian minat.
Dalam hubungan dengan karir atau pekerjaan masalah yang sering dihadapi oleh remaja adalah hal-hal yang berkenaan dengan : (1) informasi karir, (2) ketrampilan memasuki dunia karir, (3) informasi diri, (4) perencanaan masa depan dan karir, (5) penyesuaian karir.
Dalam menghadapi tantanagn masa kini, para remaja dituntut untuk memiliki kemampuan penyesuaian diri yang meliputi penyesuaian personal, sosial, edukasional, vokasional, spriritual dan moral. Situasi tantangan masa kini yang sering disebut sebagai era globalisasi, era modern, era iptek, dan sebutan lainnya mempunyai kondisi dan tuntutan yang jauh berbeda dengan masa lalu. Dengan kemajuan yang pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pengaruh budaya asing akan makin kuat dan menantang pola-pola hidup remaja masa kini. Untuk menghadapinya dengan baik, remaja dituntut untuk memiliki kualitas nilai-nilai yang dapat dijadikan filter pengaruh luar.Dalam usaha menghadapi remaja, secara psikologis ada dua hal yang dapat dijadikan sebagai pangkal tolak yaitu : (1) berusaha memahami perasaan dan situasi remaja, dan (2) memahami perasaan diri sendiri. Untuk itu beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
1. Perlu mengetahui pengalaman remaja dimasa lalu (seperti perkembangannya, penerimaan dirinya, perlakuan masa kecil, kepuasan dirinya, dan sebagainya).
2. Perlu mengetahui dorongan-dorongan yang menyebabkan remaja berbuat sesuatu (misalnya kebutuhan untuk disayangi, ingin meniru, ingin diperhatikan, ingin menyayangi, dan sebagainya).
3. Bersikap jujur kepada remaja dan jangan berpura-pura.
4. Hidup dengan remaja dan bukan hidup untuk remaja.
5. Memberi kesempatan terhadap remaja untuk mengemukakan pendapatnya secara bebas dan penuh pengertian.
PSIKOLOGIS PADA REMAJA
A. Pengertian Masalah Psikologis
Masalah psikologis atau biasa disebut gangguan kesehatan jiwa dalam
taraf ringan mungkin pernah kita alami dikehidupan kita. Mungkin kita tidak
menyadari dan tidak berusaha untuk mengatasinya karena menganggap ringan.
Memang masalah psikologis yang tarafnya masih ringan seperti : rendah diri,
rasa kuatir yang berlebihan, merasa bersalah, kurang percaya diri, mudah
marah-marah, mudah tersinggung, putus asa, hendaknya jangan dianggap ringan,
sebaliknya harus segera diatasi sebelum menjadi berlarut-larut dan kompleks
yang mengakibatkan kondisi kesehatan jiwa terganggu.
Remaja yang mengalami masalah psikologis atau gangguan kesehatan jiwa pada taraf ringan (neurose) tidak menunjukkan gejala yang aneh. Ia masih dapat berfikir, berkata-kata dan bertindak, berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan normal, sebaliknya remaja yang mengalami gangguan jiwa (psychose) atau gangguan jiwa yang berat kepribadiannya jauh dari realitas, segi tanggapan, perasaan, emosi sangat terganggu, tidak ada integritas dan ia hidup dari alam kenyataan.
Dalam makalah ini tidak dibicarakan tentang gangguan dan penyakit jiwa secara terperinci, cukup sekedar mengenal beberapa macam saja yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Gangguan kesehatan jiwa pada taraf ringan (neurose) seperti yang disebutkan diatas, semuanya itu mengganggu ketenangan hidup, misalnya tidak bisa tudur nyenyak, tidak nafsu makan dan sebagainya.
Remaja yang mengalami masalah psikologis atau gangguan kesehatan jiwa pada taraf ringan (neurose) tidak menunjukkan gejala yang aneh. Ia masih dapat berfikir, berkata-kata dan bertindak, berkomunikasi dengan orang lain secara baik dan normal, sebaliknya remaja yang mengalami gangguan jiwa (psychose) atau gangguan jiwa yang berat kepribadiannya jauh dari realitas, segi tanggapan, perasaan, emosi sangat terganggu, tidak ada integritas dan ia hidup dari alam kenyataan.
Dalam makalah ini tidak dibicarakan tentang gangguan dan penyakit jiwa secara terperinci, cukup sekedar mengenal beberapa macam saja yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
Gangguan kesehatan jiwa pada taraf ringan (neurose) seperti yang disebutkan diatas, semuanya itu mengganggu ketenangan hidup, misalnya tidak bisa tudur nyenyak, tidak nafsu makan dan sebagainya.
B. Macam-macam Masalah Psikologis
Masalah psikologis dijeniskan antara lain sebagai berikut :
1. Neurose atau gangguan jiwa pada taraf yang ringan seperti :
Ketegangan batin, rendah diri, rasa kuatir yang berlebihan, gelisah/cemas, takut yang tidak beralasan, mudah tersinggung, putus asa, pikiran-pikiran buruk, mudah marah, merasa bersalah dan sebagainya.
2. Psychose atau gangguan jiwa pada taraf yang berat seperti :
Histeria, kepribadian dari segala segi, seperti tanggapan perasaan/emosi terganggu, tidak ada integritas, hidup jauh dari alam kenyataan.
1. Neurose atau gangguan jiwa pada taraf yang ringan seperti :
Ketegangan batin, rendah diri, rasa kuatir yang berlebihan, gelisah/cemas, takut yang tidak beralasan, mudah tersinggung, putus asa, pikiran-pikiran buruk, mudah marah, merasa bersalah dan sebagainya.
2. Psychose atau gangguan jiwa pada taraf yang berat seperti :
Histeria, kepribadian dari segala segi, seperti tanggapan perasaan/emosi terganggu, tidak ada integritas, hidup jauh dari alam kenyataan.
C. Sebab-sebab Remaja
Mengalami Masalah Psikologis
1. Kebutuhan Pokok
Kejiwaan Yang Tidak Terpenuhi
Dalam kehidupan manusia memerlukan kebutuhan-kebutuhan pokok
tertentu agar manusia tetap hidup dengan sejahtera dan bahagia, sehat dan kuat
phisik dan psikis.
Kebutuhan phisik dapat terpenuhi melalui makan, minum, sex, olah raga dan bekerja. Kebutuhan psikis dapat terpenuhi melalui hal-hal yang bersifat kejiwaan, yaitu berupa kasih sayang, rasa aman, penghargaan (pujian), rasa diterima oleh kelompoknya atau orang lain, rasa disukai dan disenangi oleh orang lain. Kebutuhan psikis atau kejiwaan tersebut sangat diperlukan oleh setiap orang pada setiap fase perkembangan kehidupan orang setiap hari.
Diantara bermacam-macam kebutuhan psikis atau kejiwaan tersebut kebutuhan akan kasih sayang merupakan kebutuhan yang terpenting bagi perkembangan kehidupan seseorang, baik anak remaja maupun orang tua.
Kebutuhan phisik dapat terpenuhi melalui makan, minum, sex, olah raga dan bekerja. Kebutuhan psikis dapat terpenuhi melalui hal-hal yang bersifat kejiwaan, yaitu berupa kasih sayang, rasa aman, penghargaan (pujian), rasa diterima oleh kelompoknya atau orang lain, rasa disukai dan disenangi oleh orang lain. Kebutuhan psikis atau kejiwaan tersebut sangat diperlukan oleh setiap orang pada setiap fase perkembangan kehidupan orang setiap hari.
Diantara bermacam-macam kebutuhan psikis atau kejiwaan tersebut kebutuhan akan kasih sayang merupakan kebutuhan yang terpenting bagi perkembangan kehidupan seseorang, baik anak remaja maupun orang tua.
Bayi memerlukan kasih sayang sejati dari ibunya, anak yang
dibesarkan dengan timangan dan kasih buaian yang penuh dengan perasaan kasih
sayang akan berkembang dengan sempurna sesuai dengan harapan. Kebutuhan psikis
atau kejiwaan itu harus dipenuhi sedini mungkin yaitu sejak bayi, dan apabila kebutuhan
pokok kejiwaan seseorang anak tidak terpenuhi maka mungkin akan dapat
mengakibatkan timbulnya masalah psikologis dalam diri anak itu.
Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok phisik anak, peranan orang tua sangat menentukan. Orang tua harus senantiasa ingat bahwa Tuhan telah memberikan anugerah dan rahmat berupa anak sekaligus memberikan mandat kepada orang tua untuk membesarkannya, mengajar dan mendidik anak dengan baik. Oleh karena itu orang tua harus senantiasa menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan keluarga yang antara lain demi kebahagiaan dan kesejahteraan anak. Salah satu hak anak adalah dikasihi dan disayangi oleh orang tua ataupun pengganti orang tua.
Dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok phisik anak, peranan orang tua sangat menentukan. Orang tua harus senantiasa ingat bahwa Tuhan telah memberikan anugerah dan rahmat berupa anak sekaligus memberikan mandat kepada orang tua untuk membesarkannya, mengajar dan mendidik anak dengan baik. Oleh karena itu orang tua harus senantiasa menyadari akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan keluarga yang antara lain demi kebahagiaan dan kesejahteraan anak. Salah satu hak anak adalah dikasihi dan disayangi oleh orang tua ataupun pengganti orang tua.
Apabila dalam keluarga salah satu atau kedua orang tua sudah tidak
ada lagi yang disebabkan oleh kematian, perpisahan, perceraian, maka akan
seringkali timbul berbagai masalah yang dapat mempengaruhi kehidupan
anak/remaja.
Keluarga yang tanpa orang tua, baik salah satu atau keduanya umumnya disebut keluarga yang pecah dan ini akan menimbulkan masalah-masalah psikologis pada diri anak-anak. Anak dari keluarga yang telah pecah lebih banyak mempunyai masalah dibandingkan dengan anak/remaja yang berasal dari keluarga yang tidak pecah.
Keluarga yang tanpa orang tua, baik salah satu atau keduanya umumnya disebut keluarga yang pecah dan ini akan menimbulkan masalah-masalah psikologis pada diri anak-anak. Anak dari keluarga yang telah pecah lebih banyak mempunyai masalah dibandingkan dengan anak/remaja yang berasal dari keluarga yang tidak pecah.
Masalah yang dialami anak-anak/remaja dari keluarga yang pecah
antara lain : rasa tegang, mudah marah, kurang dapat mengontrol diri, putus
asa, kurang berani dalam bergaul (rendah diri), masalah lainnya adalah kurang
terpenuhinya kebutuhan pokok kejiwaannya yaitu kasih saya dan perhatian. Karena
kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua maka akibatnya
anak-anak/remaja mempunyai kecendrungan mengalami masalah psikologis seperti
rendah diri, merasa tidak aman, merasa cemas, merasa takut, frustasi dan
sebagainya.
2. Pengaruh Proses Pertumbuhan dan Perkembangan
Masa remaja bertepatan pada masa usia sekolah menengah yaitu
SMTP-SMU/SMK dimulai ketika anak menginjak umur 13 tahun ketika masuk SMTP dan
diakhiri pada umur 18 tahun ketika keluar dari SMU/SMK. Telah kita ketahui
bahwa masa remaja dimulai sejak berumur 12 tahun dan berakhir pada umur 21
tahun.
Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian, karena sifat-sifat khasnya dan karena peranannya yang menentukan kehidupannya dalam masyarakat orang dewasa.
Masa remaja merupakan masa yang cukup sulit di dalam periode kehidupan manusia, masa remaja digambarkan sebagai angin topan dan tekanan, gambaran ini menunjukkan bahwa dimasa ini timbul banyak masalah pada diri remaja.
Setiap masa dalam kehidupan manusia mempunyai masalah tetapi masalah yang terjadi dalam masa remaja lebih banyak dari masa-masa yang lain. Timbulnya banyak masalah merupakan akibat dari erubahan-perubahan pada tubuh dan perkembangan psikis yang terjadi selama masa remaja.
Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian, karena sifat-sifat khasnya dan karena peranannya yang menentukan kehidupannya dalam masyarakat orang dewasa.
Masa remaja merupakan masa yang cukup sulit di dalam periode kehidupan manusia, masa remaja digambarkan sebagai angin topan dan tekanan, gambaran ini menunjukkan bahwa dimasa ini timbul banyak masalah pada diri remaja.
Setiap masa dalam kehidupan manusia mempunyai masalah tetapi masalah yang terjadi dalam masa remaja lebih banyak dari masa-masa yang lain. Timbulnya banyak masalah merupakan akibat dari erubahan-perubahan pada tubuh dan perkembangan psikis yang terjadi selama masa remaja.
Perubahan tersebut tentunya membawa dampak positif ataupun negatif,
sehingga menimbulkan berbagai persoalan yang khusus pada para remaja. Dalam
pertumbuhan dan perkembangan remaja baik pisik maupun psikis, apabila negatif
misal : tubuh tumbuh kurang baik, wajah kurang menarik, sikap kurang luwes maka
akan muncul masalah-masalah psikologis bagi para remaja yang mengalaminya.
Hal-hal tersebut merupakan penyebab remaja mengalami masalah-masalah psikologis walaupun tidak kentara gejalanya.
Hal-hal tersebut merupakan penyebab remaja mengalami masalah-masalah psikologis walaupun tidak kentara gejalanya.
Langkah-langkah Dalam
Pencegahan kejiwaan :
A. Menekankan pengaruh pendidikan terhadap jiwa
Pendidikan dan bimbingan anak diberikan sedini mungkin, terutama pendidikan waktu kecil, karena pendidikan itulah yang banyak menentukan hari depan seseorang. Melalui pendidikan dapat tertanam dihati anak sikap-sikap yang baik seperti sopan santun, budi pekerti yang baik, tata tertib, agama dan sebagainya.
B. Memberikan Pendidikan
Dalam Rumah Tangga
Dalam memberikan pendidikan serta bimbingan kepada anak, suasana keluarga yang harmonis hendaknya tercipta, karena dengan adanya kedamaian dalam rumah tangga itu akan menimbulkan ketentraman hati anak. Unsur kasih sayang dan perhatian harus diberikan kepada remaja, sehingga remaja yang sedang tumbuh dan berkembang dapat berjalan normal.
Remaja harus diberikan kepercayaan dalam berbuat dan bersikap, tentunya perbuatan dan sikap tersebut harus dilandasi norma-norma dan agama. Orang tua selalu memberikan contoh perilaku yang baik misalnya saling menyayangi, saling mencintai, perhatian terhadap anggota keluarga, memberikan kesempatan kepada anak yang sedang tumbuh remaja untuk bertukar pikiran/pendapat tentang masalah-masalah apapun kepada ibu dan bapaknya.
Dalam memberikan pendidikan serta bimbingan kepada anak, suasana keluarga yang harmonis hendaknya tercipta, karena dengan adanya kedamaian dalam rumah tangga itu akan menimbulkan ketentraman hati anak. Unsur kasih sayang dan perhatian harus diberikan kepada remaja, sehingga remaja yang sedang tumbuh dan berkembang dapat berjalan normal.
Remaja harus diberikan kepercayaan dalam berbuat dan bersikap, tentunya perbuatan dan sikap tersebut harus dilandasi norma-norma dan agama. Orang tua selalu memberikan contoh perilaku yang baik misalnya saling menyayangi, saling mencintai, perhatian terhadap anggota keluarga, memberikan kesempatan kepada anak yang sedang tumbuh remaja untuk bertukar pikiran/pendapat tentang masalah-masalah apapun kepada ibu dan bapaknya.
C. Mengembangkan
Pendidikan Anak di Sekolah
Sekolah yang disebut juga sebagai lingkungan kedua bagi anak dalam mengembangkanb kemampuannya, maka sekolah sangat membantu didalam pembinaan dan pembimbingan anak.
Disamping itu sekolah juga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan intelektual mereka sehingga mereka menjadi anak yang pandai dan cerdas.Hal lain adalah sekolah juga membina kepribadian anak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan orang tua, sekolah dan masyarakat.Melalui pengembangan pendidikan di sekolah diharapkan anak/remaja dapat menyalurkan serta mengembangkan minat, bakat dan kemampuannya.Remaja yang sedang tumbuh, disamping mendapatkan kasih sayang serta perhatian yang cukup perlu adanya kegiatan-kegiatan yang menyibukkan untuk mengarahkan minat, bakat dan kemampuannya. Hal ini agar mereka terhindar dari perilaku yang iseng dan pikiran-pikiran serta kahayalan yang tidak menentu.Dengan langkah-langkah pencegahan yang telah disebutkan maka diharapkan remaja yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan akan terhindar oleh gangguan atau masalah psikologis yang pada umumnya dialami oleh para remaja.
Sekolah yang disebut juga sebagai lingkungan kedua bagi anak dalam mengembangkanb kemampuannya, maka sekolah sangat membantu didalam pembinaan dan pembimbingan anak.
Disamping itu sekolah juga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan intelektual mereka sehingga mereka menjadi anak yang pandai dan cerdas.Hal lain adalah sekolah juga membina kepribadian anak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan orang tua, sekolah dan masyarakat.Melalui pengembangan pendidikan di sekolah diharapkan anak/remaja dapat menyalurkan serta mengembangkan minat, bakat dan kemampuannya.Remaja yang sedang tumbuh, disamping mendapatkan kasih sayang serta perhatian yang cukup perlu adanya kegiatan-kegiatan yang menyibukkan untuk mengarahkan minat, bakat dan kemampuannya. Hal ini agar mereka terhindar dari perilaku yang iseng dan pikiran-pikiran serta kahayalan yang tidak menentu.Dengan langkah-langkah pencegahan yang telah disebutkan maka diharapkan remaja yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan akan terhindar oleh gangguan atau masalah psikologis yang pada umumnya dialami oleh para remaja.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar